<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://www.rsspump.com/?web_widget/rss_ticker/news_widget' title='News Widget'>News Widget</a></div>

Selasa, 13 Maret 2012

Palestina Dukung Penuh Global March to Jerussalem

REPUBLIKA.CO.ID, Laporan: Nashih Nashrullah/Karachi Pakistan

KARACHI -- Pemerintah Palestina melalui Kedutaan Besarnya di Pakistan, mendukung penuh aksi Global March to Jerussalem (GMJ). Pernyataan itu disampaikan oleh Duta Besar Palestina untuk Pakistan, Hazem Hussein Abu Shanab, Selasa (12/3), saat menggelar silaturahim dengan para peserta di Pakistan Institute of Labour Research, Karachi, Pakistan.

Bahkan, ia menegaskan siap pasang badan agar relawan bisa memasuki Jerussalem. Ia berkenan memberikan dukungan apapun, kepada para relawan. Sikap ini ia tunjukkan, menyusul tindakan sewenang-wenang Israel. Negara Zionis itu, melarang Muslim shalat di Masjid Al Aqsha dan melarang Kristiani menggelar kebaktian di Kota Suci itu. Padahal, beribadah adalah hak tiap manusia. “Apapun agamanya, kita siap hidup berdampingan,” katanya

Ia mengatakan kepada peserta GMJ yang berasal dari Indonesia, Malaysia, Pakistan, Filipina, dan India, aksi ini akan sangat efektif menyampaikan risalah kepada dunia internasional, bahwa Jerussalem, bukanlah milik satu agama; Yahudi. Melainkan, Kota Suci itu adalah kepunyaan semua agama. Terlebih, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), tak mampu berbuat apapun di hadapan Israel. Dukungan lintas agama ini, diyakini bisa menjadi propaganda ampuh untuk menyuarakan hati nurani menyikapi penindasan Israel atas Palestina. “Kita hanya peduli kemanusiaan,” ujarnya.

Klub Wartawan

Di hari yang sama, GMJ menggelar kampanye dengan berdiskusi di Karachi Press Klub, sebuah organisasi berpengaruh di Pakistan yang beranggotakan lintas profesi dan latarbelakang itu. Tampak hadir di kesempatan tersebut, sejumlah tokoh politikus dari Partai Jamaat E Islami Karachi Pakistan dan para wartawan.

Ketua Dewan Pengurus Wilayah Partai Jamaat E Islami Karachi, Muhammad Hussain Mehyanti, mengatakan kampanye damai mendukung Palestina, bisa memberi pengaruh dengan membangun opini terhadap sikap dunia Islam atas penjajahan Israel di Tanah Palestina.

GMJ, katanya, menyatukan berbagai elemen masyarakat sipil dari berbagai negara. Mulai dari Eropa, Asia, dan Afrika. “Sikap mereka satu, menolak kezaliman Israel atas Palestina,”katanya. Ia pun menambahkan, partai yang dipimpinnya tersebut, akan menyokong penuh terhadap perjuangan Palestina.

Wartawan Pakistan Today, Amar Guriro, mengatakan kepada Republika,kemerdekaan dan kebebasan dari segala penjajahan adalah hak tiap manusia, tak terkecuali Bangsa Palestina. Ia mengapresiasi GMJ yang berinisiatif menggalang suara lintas agama menentang ketidakadilan Israel. “Media yang fair, tak setuju sikap Israel,” katanya
Redaktur: Heri Ruslan

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...