<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://www.rsspump.com/?web_widget/rss_ticker/news_widget' title='News Widget'>News Widget</a></div>

Me And My Angel

Dia melangkah kecil ke utara selatan,kadang berlari, kadang melambaikan tangan seolah diminta mendekat dan akhirnya ketika dekat dia berlari(mungkin dalam fikirannya: "abiy ayo main kejar kejaran", dalam hatiku : "siap yah abiy kejar")

Me And My Angel

Khonsa tau tidak?siapa yang menciptakan hamparan ombak dilautan?"Allah". Tau sekarang ombak itu sedang melakukan apa?"Bertasbis memuji keagungan Allah". Pinter...

Me And My Angel

Khonsa tau tidak?siapa yang menciptakan hamparan ombak dilautan?"Allah". Tau sekarang ombak itu sedang melakukan apa?"Bertasbis memuji keagungan Allah". Pinter...

Jasa pembuatan Sistem Informasi

Kami menerima jasa pembuatan sistem informasi berbasis pemrograman PHP dan menggunakan database MySQL serta keamanannya menggunakan algoritma enkripsi yang disesuaikan kebutuhan pengguna

Produk Kami

Kami juga menyediakan berbagai macam produk seperti: Alat Peraga Pendidikan semisal Magic Disk dan permainan untuk balita batita, Kuliner ala Merapi semisal buah salak, Perlengkapan bayi semisal pampers, Kebutuhan Rumah Tangga semisal clean ball yang hebat dll

Selasa, 28 September 2010

Musashi

Musashi 
by : Eiji Yoshikawa


download e-book
Mushashi merupakan novel monumental, yang sarat dengan catatan sejarah jepang era shogun tokugawa ieyasu ini,  pernah tampil untuk pertama kali di koran terkemuka jepang, Asahi Shimbun, sekitar tahun 1935 - 1939, dalam bentuk cerita bersambung.

Novel karya Hidetsugu Eiji Yoshikawa ini menceritakan tentang perjalanan Shimmen Takezo, seorang yang sangat ditakuti didesanya dan dikucilkan karena sering berbuat masalah, untuk menjadi seorang samurai sejati. Dengan bimbingan spiritual Takuan dan perenungannya selama 3 tahun didalam salah satu kamar gelap di Puri Himeji milik seorang daimyo(tuan tanah) Yang Dipertuan Ikeda, takezo mulai sedikit demi sedikit menyadari bahwa selama ini kehidupannya tidak berguna dan tanpa arah yang jelas, dan itu semua harus diubah.

Berbekal nasehat dari Takuan dan hikmah dari buku-buku zen serta berjilid-jilid buku sejarah jepang, lahirlah seorang pemuda baru bernama "Shimmen Miyamoto Musashi(Shimen = menunjukkan keturunan dari akamatsu Masanori, Miyamoto = tempat kelahiran, Musashi = Takezo tetapi dibaca seperti huruf cina) " yang siap melakukan pengembaraan untuk menjadi legenda samurai yang akan dikenang dalam sejarah jepang.
Kehidupan Cinta Musashi
Otsu, seorang gadis manis satu desa dengan musashi, merupakan salah satu perempuan yang terpesona dengan karakter musashi. Awalnya Otsu merupakan tunangan dari sahabatnya, Matahachi, seorang keturunan dari keluarga terhormat. Pasca pertempuran hebat dipadang perang Sekigahara, yang membuat Musashi dan Matahachi terluka dan tidak sanggup lagi melakukan perjalanan pulang kedesanya, akhirnya mereka dirawat oleh Osugi (seorang janda muda yang masih cantik dan molek) dan Akemi (anaknya). Singkat cerita Matahachi tergiur dengan kecantikan Osugi kemudian menikahinya, walaupun dia tahu kalau dia sudah memiliki tunangan. Setelah mendengar kabar ini, Otsu pun sangat sakit hati, penantiannya yang sabar selama bertahun-tahun ternyata dikhianati.

Akhirnya dia menyadari kepolosannya, dan setelah melihat Musashi, mulailah dia menyadari bahwa orang seperti Musashilah yang merupakan dambaan hidupnya.

Berikut salah satu fragmen tetang kisah cinta dalam novel ini, yang menggambarkan kerinduan Otsu setelah selama 3 tahun mereka berpisah :

"Ah akhirnya kau muncul juga!"Teriak Otsu sambil kemudian menggayut mesra dilengan kimono Takezo.

"Takezo, kau tidak lupa, kan?kau tidak lupa nama jembatan ini?Apa kau lupa janjiku akan menantimu disini berapapun lamanya?".

Tetapi didorong keinginan menjadi samurai sejati lah, yang pada akhirnya membuat Musashi harus memendam perasaan cintanya, karena perjalanan yang akan dia lakukan adalah perjalanan panjang tanpa arah dan berbahaya.

"Sudah kukatakan. Aku menjadi orang baru. Tiga tahun lamanya aku tinggal dalam kamar lembab. Aku membaca buku.  Aku berpikir. Aku menjerit dan berteriak. Dan tiba-tiba saja fajar merekah. Aku baru paham apa artinya menjadi manusia. Aku punya nama baru sekarang, Miyamoto Musashi. Aku mau membaktikan diriku pada latihan dan disiplin. Aku ingin memanfaatkan setiap saat dalam tiap hariku untuk bekerja memperbaiki diri. Aku sadar sekarang, betapa jauh jalan yang harus kutempuh. Kalau kau memilih mengikatkan hidupmu padaku, engkau tak akan pernah bahagia. Hanya ada kesukaran, dan kesukaran itu tidak akan berkurang. Bahkan keadaan semakin lama akan semakin sukar saja".

Dan pada bagian lain, disaat-saat ketika mereka dipertemukan kembali oleh takdir :

"Ya, begitulah diriku ini. Apalagi yang bisa kukatakan?kalau aku memikirkan pedangku, engkau(otsu) tersingkir kesudut gelap pikiranku---bahkan menghilang sama sekali, tanpa meninggalkan jejak. Pada waktu-waktu seperti itu, aku merasa paling bahagia dan paling puas dengan hidupku. Kau mengerti, otsu? Selama ini kau menderita, membahayakan tubuh dan jiwamu demi orang yang lebih mencintai pedangnya daripada kepadamu. Aku sedia mati demi membuktikan kebenaran pedangku, tapi aku tak mau mati demi kau. Sesungguhnya aku ingin berlutut dan minta maaf padamu, tapi tak dapat."

Selain Otsu, ada wanita lain yang kagum dan mencintai Musashi. Dialah Akemi, wanita cantik yang pernah merawat Takezo ketika terluka, wanita yang dengan sabar mengobati dan memberikan makan padanya.

Baiklah para Novelers :p, itu sekelumit sangat kecil dari cerita yang telah saya baca dari novel berjudul Musashi, masih banyak pelajaran hidup, strategi perang, serta karakter menarik dari tokoh yang akan anda dapatkan dari novel ini, dan kalau kurang puas dengan pemaparan saya, silakan baca sendiri bukunya. Memang perlu azzam yang kuat untuk membaca novel ini, 1247 halaman ukuran 16 x 24 cm dengan font ukuran kira2 10 pt, dan membutuhkan waktu kira-kira 15 jam bagi saya untuk membacanya(bagi anda mungkin lebih cepat) . Nah lo...Selamet deuhhh...

Asal Usul Phytagoras

Asal Usul Rumus Phytagoras

Ahli matematika dan filsafat berkebangsaan Yunani pada abad ke 6 SM bernama Phytagoras telah mencetuskan teorema bahwa dalam suatu segitiga siku-siku, panjang sisi miring kuadrat besarnya sama dengan jumlah kuadrat panjang sisi siku-sikunya. Teorema ini dikenal sebagai teorema Pythagoras, dinyatakan sebagai berikut :
c2 = a2 + b2
a : panjang sisi tegak

b : panjang sisi datar (alas)
c : panjang sisi miring
Pembuktian teorema di atas adalah sebagai berikut :
Perhatikan bagun persegi ABCD dan EFGH pada gambar di atas. Luas daerah persegi EFGH = c2 , sedangkan luas daerah persegi ABCD adalah : (a + b) (a + b) = a2 + 2 ab + b2
Luas daerah segitiga-segitiga yang mengelilingi persegi EFGH besarnya sama yaitu : 1/2 ab. Jika luas keempat segitiga tersebut dijumlahkan, maka diperoleh : 4 x 1/2 ab = 2 ab. Dari gambar kita tahu bahwa luas daerah persegi EFGH besarnya sama dengan luas daerah persegi ABCD dikurangi luas daerah keempat segi tiga yang mengelilingi persegi EFGH.
Luas persegi EFGH = Luas persegi ABCD - 4 luas segitiga yang mengelilingi persegi EFGH
c2 = (a2 + 2 ab + b2) - 2 ab
c2 = a2 + b2
Pembuktian teorema Phytagoras ini dapat dilakukan dengan beberapa cara praktis dan menarik sebagai berikut :
Cara I
Buatlah gambar segitiga ABC dengan sudut siku-siku di A beserta persegi-persegi yang salah satu sisinya adalah sisi-sisi segitiga pada selembar kertas atau karton. Persegi pada sisi siku-siku yang besar dibagi menjadi 4 bagian yang kongruen dengan garis KL//BC dan PQ ( KL, dengan PQ dan KL adalah garis yang melalui titik potong diagonal persegi tersebut. Selanjutnya potonglah bagian-bagian persegi pada sisi siku-siku dan letakkan pada bidang persegi pada sisi miring. Bagian-bagian persegi pada sisi siku-siku akan tepat menutupi bidang persegi pada sisi miring jika disusun sesuai dengan nomor-nomor yang tertera pada gambar.
Cara II
Buatlah gambar segitiga ABC dengan sudut siku-siku di A beserta persegi-persegi seperti cara 1 pada selembar kertas atau karton. Pada persegi ABLM dibuat garis KL // BC dan KT // OC, sedangkan pada persegi PCAR dibuat garis QA // BC dan QS // OC. Kemudian potonglah bagian-bagian persegi pada sisi siku-siku dan letakkan pada bidang persegi pada sisi miring. Bagian-bagian persegi pada sisi siku-siku akan tepat menutupi bidang persegi pada sisi miring.
Cara III.
Dengan cara yang sama seperti cara-cara sebelumnya, kita lakukan potongan persegi persegi yang baru sebuah segitiga siku-siku ABC dengan sudut siku-siku di A seperti pada gambar di bawah ini. Pada persegi ABLM dibuat garis -garis yang sejajar dan tegak lurus, ED // LM dan XY ( LM. Bagian-bagian persegi pada sisi siku-siku yang terbentuk akan tepat menutupi bidang persegi pada sisi miring.
Silahkan buat dengan cara yang sama dengan model potongan yang lain, sehingga dapat membuktikan secara benar teorema phytagoras. Selamat mencoba !!!

Senin, 27 September 2010

Download MySql

MySql merupakan program open source yang bisa kita gunakan untuk mengelola database, walaupun ada juga bahasa pemrograman yang lainnya.

Pertama kali yang harus kita lakukan adalah install MySql yang bisa anda download disini, setelah berhasil mendownload silakan di install di komputer anda. Proses instalasi tidak rumit....silakan dicoba.

Rabu, 22 September 2010

Script Program Persamaan Kuadrat

Persamaan Kuadrat adalah salah satu materi dalam matematika dengan persamaan umum : .


Yang harus diperhatikan dalam persamaan kuadrat, diantaranya :
1. Nilai Diskriminan :
                
2. Persamaan kuadrat akan memiliki 3 nilai yaitu  mempunyai dua akar (syarat : D > 0), mempunyai akar kembar atau hanya satu akar (syarat : D = 0), tidak memiliki akar atau imajiner (syarat : D < 0). 
3. Nilai-nilai akarnya di rumuskan :
                


Berikut Script Programnya : 
program persamaan_kuadrat; 
uses wincrt; 
var  a,b,c : integer; 
     D,x1,x2 : real; 
begin 
writeln('Persamaan Umum : ax^2 + bx + c'); 
write('Masukkan koefisien a b c :');readln(a,b,c); 
D := b * b - 4 * a * c; 
writeln; writeln('Kesimpulan :'); 
if D=0 then 
begin 
x1 := ((0-b) + sqrt(D))/(2*a); 
writeln('Mempunyai akar kembar dengan akar-akarnya:'); 
writeln('x1 = x2 = ',x1:2:2); 
end 
else if D>0 then
begin
x1 := ((0-b) + sqrt(D))/(2*a);
x2 := ((0-b) - sqrt(D))/(2*a);
writeln('Mempunyai dua akar berlainan dengan akar-akarnya:');
writeln('x1 = ',x1:2,'; x2 = ',x2:2:2);
end
else if D<0 then
writeln('Tidak punya akar');
end.

Teori Komputasi

Bagi rekan-rekan S2 Ilmu Komputer UGM yang mendapatkan matakuliah Teori Komputasi dengan dosen Dr. M. Reza Pulungan bisa mendapatkan file slide kuliah di alamat berikut :

Teori Komputasi Slide 00
Teori Komputasi Slide 01
Teori Komputasi Slide 02

Tugas-tugasnya :
Tugas 1

Untuk lebih lengkapnya bisa email ke indrajs83@gmail.com.
Semoga bermanfaat!!!

Selasa, 21 September 2010

Soal Olimpiade Nasional 2008

Jika menginginkan kunci jawaban silakan email ke indrajs83@gmail.com

Senin, 20 September 2010

Bleach 420

The Final Getsuga Tenshou
Keterangan : bagian ini menceritakan bentuk terakhir atau jurus terakhir dari getsuga tenshou yang sangat berbeda sekali dengan sebelumnya.

Bleach 420

Naruto Shippuden 510

A Shocking Forbidden Technique
Ket : Jurus terakhir konan tatkala berhadapan dengan salah satu anggota akatsuki yang mengaku uchiha madara. Komik terakhir mengisahkan pertarungan antara madara dengan konan,madara berniat mengambil kembali rinnegan yang diberikan ke Nagato(kata madara)
Naruto Shippuden 510

Senin, 06 September 2010

Selamat Datang

Sebelumnya saya minta maaf jika blog ini belum sepenuhnya berisi tulisan, baru dipersiapkan.

Indra Juniarma S

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...